Beranda » Tempat Wisata Lombok » 8 Objek Wisata Terkenal di Lombok Favorit Wisatawan Wajib dikunjungi

8 Objek Wisata Terkenal di Lombok

8-objek-wisata-terkenal-di-lombokAda banyak tempat atau objek wisata terkenal dan menarik yang menjadi daya tarik pulau lombok sebagai salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sebagai referensi anda, kami berikan informasi 8 tempat atau objek wisata di lombok yang terkenal dan menarik yang wajib anda kunjungi saat anda menikmati liburan ke pulau lombok. Pulau Lombok yang terkenal dengan keindahan pantainya memiliki beberapa pantai yang indah dan masih sangat asri dan alami, antara lain Pantai Senggigi di lombok barat Pantai Kuta Mandalika Lombok di lombok tengah, dan Pantai Pink/Tangsi di lombok timur. Selain itu lombok juga terkenal dengan keindahan gilinya, salah satunya adalah gili trawangan. Selain gili trawangan masih banyak lagi gili-gili lain yang ada di pulau lombok antara lain gili Meno, gili Air, gili nanggu, gili gede, gili layar dan masih banyak lagi tempat-tempat atau objek wisata yang alami dan mempesona yang ada di pulau lombok. Mulai dasawarsa tahun 1990-an lombok dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun oleh para wisatawan mancanegara, dan di atas tahun 2003 sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling berkembang pesat.

Berikut ini 8 tempat atau objek wisata yang terkenal dan sangat menarik di lombok sebagai referensi bila anda berkunjung dan menikmati liburan di pulau lombok demgan Paket Tour Lombok yang telah kami sediakan di website ini.

Pantai Senggigi Lombok Barat

Pantai senggigi adalah pantai yang sangat terkenal di lombok dan merupakan ikon wisata pantai di lombok. Pantai senggigi yang terletak di sebelah barat pulau lombok merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Disamping itu di kawasan pantai senggigi juga terdapat salah satu destinasi wisata religi yaitu Pura Batu Bolong yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu. Kawasan Pantai senggigi sangat cocok untuk anda melakukan aktivitas berenang karena ombaknya yang tidak terlau besar juga sangat baik dinikmati pada saat sore hari sambil menikmati indahnya sunset dan menikmati indahnya gugusan Gunung Agung Bali.

Pantai senggigi adalah pantai yang termasuk ke dalam wilayah kabupaten lombok barat bagian utara dan berjarak sekitar 2km dari pusat Kota Mataram. Ketika anda berada di kawasan pantai senggigi, anda akan dimanjakan dengan sejuknya udara pantai sambil anda melakukan berbagai aktivitas karena di kawasan senggigi merupakan pusat wisata kabupaten lombok barat dan sudah terdapat berbagai fasilitas seperti hotel, cafe, restauran, pub, pasar seni senggigi dan pusat perbelanjaan untuk anda yang ingin menikmati liburan di Pulau lombok.

Kain Tenun Sukarara Khas Lombok

kain-tenun-khas-sukarara-lombok Lombok sebagai salah satu destinasi wisata memiliki banyak tempat wisata yang indah, disamping itu lombok juga mempunyai berbagai macam kerajinan khas dan salah satunya adalah kerajinan khas kain tenun lombok yang ada di desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Proses pengerjaan kain tenun ini juga terbilang rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama antara 2-3 bulan untuk menghasilkan kain tenun yang berkwalitas maka tidak heran harga untuk satu helai kain tenun ini cukup mahal bisa mencapai jutaan rupiah. selain kain tenun (songket), penduduk setempat juga membuat kain tenun ikat, kain tenun ikat lama pengerjaan tergolong lebih cepat antara 1-2 untuk menghasilkan kain tenun ikat berukuran 3 meter. Kerajinan kain tenun (songket) dan tenun ikat khas lombok ini sudah turun temurun dan tetap dilestarikan sebagai salah satu warisan dan daya tarik pariwisata di lombok khususnya wisata di lombok tengah. Selain kain tenun khas lombok, di desa sukarara ini juga ada kain ikat yang

Perjalanan ke Desa Sukarara bisa ditempuh kurang lebih perjalanan 30 menit dari Bandara (BIL) dan berjarak sekitar 27 km dari Kota Mataram. Nah untuk anda yang akan berlibur ke pulau lombok, kami tawarkan anda untuk mengunjungi sentra kerajinan kain tenun yang ada di desa sukarara ini, anda akan disambut oleh para perempuan yang biasanya mengenakan pakaian adat sasak (“sasak” nama suku asli orang lombok) yang sangat cekatan dan piawai menenun (nyesek) dan mereka siap membantu dan membimbing untuk anda yang mau belajar menenun kain khas lombok.

Kerajinan Gerabah Banyumulek Lombok Barat

kerajinan-gerabah-banyumulek-lombokBila anda berkunjung ke pulau lombok, maka belum lengkap rasanya bila anda tidak berkunjung ke sentra kerajinan gerabah yang ada di desa Banyumulek. Kebanyakan penduduk setempat melakukan rutinitas sebagai pengrajin gerabah dan itu sudah dilakukan turun temurun. Seiring perkembangan zaman, kerajinan gerabah yang ada di desa banyumulek inipun mulai memberikan corak dan motif yang bervariatif dan sedikit meninggalkan motif yang klasik dan gerabah yang mereka hasilkan pun ternyata tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja bahkan sampai ke luar negeri seperti ke New Zealand dan ke negara-negara di Eropa. Harga yang ditawarkan juga bervariatif tergantung bentuk, ukuran dan motifnya.

Untuk menjangkau lokasi sentra kerajinan gerabah tersebut berada kurang lebih 14km dari Kota Mataram dan 1 jam perjalanan dari bandara (BIL). Setelah anda memasuki desa tersebut anda akan melihat tulisan “selamat datang di sentra kerajinan gerabah banyumulek”. Sepanjang kiri kanan jalan anda akan melihat hasil kerajinan gerabah yang dipamerkan di art shop. Untuk anda yang berminat membeli hasil kerajinan gerabah anda dengan leluasa bisa memilih mulai dari ukuran yang kecil sampai dengan ukuran besar dan untuk ukuran yang besar mereka juga siap melayani dengan jasa paket di tempat.

Pantai Mawun Lombok Tengah

pantai-mawun-lombok

Pantai Mawun yang berlokasi di desa tumpak kecamatan pujut kabupaten lombok tengah adalah salah satu destinasi wisata para pelancong karena pantainya yang sangat indah dan ombaknya yang tenang pada sisi sebelah timur dan barat karena di kelilingi dua bukit, sedangkan di bagian tengahnya ombak cukup besar karena berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Pantai Mawun sangat cocok untuk anda melepaskan penat setelah perjalanan jauh karena di sini anda bisa melakukan aktivitas berenang, foto-foto ataupun sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan alam karena pemandangan di sekitar pantai mawun masih sangat asri.

Untuk menjangkau lokasi pantai mawun, kalau anda berangkat dari Mataram anda akan menempuh perjalanan kurang lebih satu setengah jam dan anda bisa melalui dua rute, rute pertama dari Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Penujak-Selong Belanak-Mawun dan rute yang kedua dari Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyale-Sengkol-Rambitan-Sade-Kuta-Mawun, sedangkan kalau dari Bandara (BIL) kurang lebih anda menempuh perjalanan sekitar 40 menit dengat melewati perkampungan penambang serta pengolahan emas dan perbukitan yang cukup tinggi dan itu semua akan terobati setelah anda tiba di pantai mawun.

Pantai  Pink (Pantai Tangsi) Lombok Timur

pantai-pink-lombok-timurPantai Tangsi atau oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan nama pantai pink yang berada di Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur ini adalah satu dari dua pantai di indonesia yang pasirnya berwarna pink. Warna pasirnya yang pink berasal dari karang yang berwarna kemerahan ditambah dengan radiasi sinar matahari. Konon dulu di wilayah ini adalah tempat pendaratan sekaligus tempat perkemahan tentara Jepang pada jaman perang dunia II makanya dinamakan “Tangsi” yang artinya asrama atau barak. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini antara lain snorkling, memancing atau menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi kawasan pantai. Selain menikmati fenomena pantai pink, anda juga akan disuguhkan dengan pemandanga perbukitan yang ada di sekitar pantai dan anda juga bisa melihat gua dan meriam peninggalan tentara Jepang.

Untuk menjangkau lokasi pantai pink yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Tanjung Ringgit menempuh perjalanan yang lumayan lama kurah lebih 2,5 jam dari Kota Mataram dan sekitar 1,5 dari bandara (BIL). Sayangnya akses jalan yang rusak dan bergelombang membuat perjalanan terasa sangat melelahkan ditambah dengan fasilitas yang kurang lengkap karena di sini belum tersedia rumah makan, tempat penginapan bahkan belum tersedia toilet untuk buang air besar. Karena itu kalau anda ingin berkunjung ke pantai pink sebaiknya persiapkan perbekalan secukupnya.

Air Terjun Sendang Gile Senaru Lombok Utara

air-terjun-sendang-gile-senaruAir terjun Sendang Gila atau penduduk setempat lebih mengenalnya dengan Air Terjun Batu Ko’ berada di desa Senaru kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu air terjun yang ada di pulau lombok dan sudah sangat terkenal baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Air terjun ini berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dengan ketinggian mencapai 31 meter menjadikan air terjun ini selalu ramai dikunjungi apalagi pada saat musim liburan. Air terjun sendang gila ini juga termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR)karena memang berada tepat di kaki gunung rinjani bagian utara dan kurang lebih 2km dari pusat jalur pendakian Senaru.

Lokasi air terjun tersebut berjarak sekitar 70km dari Kota Mataran dan bisa ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat. Untuk mencapai air terjun sendang gila anda akan melewati sekitar 200 anak tangga, atau anda bisa memilih jalur alternatif dengan menyisir dan menelusuri tebing yang cukup curam. Walaupun rutenya cukup jauh dan melelahkan tapi bagi sebagian besar masyarakat di lombok percaya bahwa selain sebagai tempat untuk rekreasi mereka juga percaya bahwa mandi di air terjun sendang gila bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pura Lingsar simbol kerukunan umat beragama di Lombok

pura-lingsar-lombok

Pura Lingsar merupakan simbol kerukunan dan keharmonisan serta toleransi antar dua agama yaitu agama Hindu dan agama Islam Wetu Telu. Di dalam area pura ini terdapat tempat peribadatan umat hindu yang disebut “Pura Gaduh” yang berada di sebelah utara dan tempat peribadatan umat islam wetu telu yang disebut “Kemaliq” yang berada di sebelah selatan. Pura Lingsar yang dibangun pada tahun 1714 oleh Anak Agung Ketut Karangasem sewaktu kerajaan Karangasem Bali berkuasa di Lombok. Sebelum dinamakan Lingsar dulu bernama Aiq Mual (aiq = air, mual = mancur) karena di area pura terdapat mata air yang memancar (mancur). Lingsar berasal dari kata “Ling” = sabda dan “sar” = nyata. berdasarkan cerita masyarakat setempat bahwa konon dulu ada sekelompok pendatang dari Bali yang mendengar suara gaib dan suara tersebut membawa dan menuntun mereka sampai ke area pura, sejak saat itulah “aiq mual” berganti nama menjadi “Lingsar”.

Pura Lingsar yang luasnya hampir 26 hektar berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Mataram. Ada yang unik yang bisa anda saksikan di dalam area pura terdapat sebuat kolam yang dipenuhi koin dan bisa melemparkan koin dengan cara membelakangi kolam tersebut dengan harapan mendapat peruntungan rezeki. Selain itu juga di pura ini pada waktu tertentu dilaksakan acara tradisi “perang topat” (perang ketupat) perang dengan ketupat sebagai senjatanya dan biasanya dilakukan setelah musim penghujan dan sebelum mulai bercocok tanam dengan harapan tanah menjadi subur dan hasil pertanian pun melimpah.

Gili Trawangan Lombok

gili-trawangan

Gili Trawangan adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah utara pulau lombok dan termasuk ke dalam wilayah kabupaten lombok utara. Gili trawangan adalah salah satu gili dari tiga gili yang ada di lombok utara yang paling ramai dikunjungi terutama oleh para wisatawan asing, karena banyak sekali aktivitas yang bisa di lakukan di gili ini antara lain, snorkling, diving, bersepeda mengelilingi pulau kecil ini yang luasnya kurang lebih 3 km2, aktivitas lainnya adalah mengelilingi gili dengan naik cidomo (delman) yang merupakan alat transportasi yang ada di pulau ini, jadi jika anda berkesempatan untuk berkunjung ke pulau lombok, belum lengkap rasanya bila tidak mengunjungi gili yang satu ini yaitu gili trawangan.

Bagi anda yang ingin ke Gili Trawangan anda bisa melaui beberapa jalur penyeberangan yang ada di lombok utara, salah satunya adalah penyeberangan Bangsal dan anda bisa menggunakan jasa slow boat dengan biaya sekitar dua puluh lima ribu rupiah perorang untuk satu kali jalan dengan menempuh waktu selama kurang lebih 40 menit saja. Selain itu anda juga bisa menggunakan jasa speed boat dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari pelabuhan.

Demikianlah beberapa tempat atau objek wisata yang ada di pulau lombok dengan berjuta keindahan dan keunikannya dan masih banyak lagi objek wisata yang bisa anda jumpai bila anda berkunjung ke pulau lombok.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.